Lis Apriliani 6 months ago
Lis Apriliani #merdeka-belajar

Konsep Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Pembelajaran berbasis projek adalah pembelajaran yang menggunakan projek sebagai media dalam proses pembelajaran untuk mencapai soft skills, hard skills, dan karakter.

Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas-aktivitas murid dalam menghasilkan produk yang menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, hingga mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata.

Produk yang dimaksud adalah hasil projek berupa barang atau jasa dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain.

Cr3YnuA9wp9A4M9VSPE2PFG9HRnEvWybqyiaZ1fzEXiBpKydPGSaU_FttcnBlbDebAR07hr0Ds-uLTUHYtza29l9ZucwKYp1UpqsGA1Mq2Xn0s-_IFZJgl1DFtQbkws06S8a_nDvicrOXgC3n0w20T4

Sintaks pembelajaran menggunakan penugasan proyek sebagaimana dikembangkan oleh The George Lucas Educational Foundation (2005), memiliki langkah-langkah sebagai berikut:

1 Bermula dari pertanyaan mendasar (start with the essential question)

Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial, yaitu pertanyaan yang dapat memberi penugasan kepada siswa dalam melakukan suatu aktivitas. Guru berperan mengarahkan agar topik yang diangkat relevan untuk para siswa. Topik yang diangkat sesuai dengan realitas dunia nyata dan dimulai dengan sebuah investigasi mendalam.

2 Merancang kegiatan proyek (design a plan for the project)

Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa. Dengan demikian siswa diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek tersebut. Perencanaan berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial serta mengetahui alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membantu penyelesaian kegiatan proyek.

3 Membuat jadwal aktivitas (create a schedule)

Guru dan siswa secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain

  • membuat timeline untuk menyelesaikan proyek,
  • membuat deadline penyelesaian proyek,
  • membawa siswa agar merencanakan cara yang baru
  • membimbing siswa membuat cara yang sesuai dan berhubungan dengan proyek dan
  • meminta siswa untuk membuat penjelasan (alasan) tentang pemilihan suatu cara.

4 Memonitor perkembangan kegiatan proyek (monitor the students and the progress of the project)

Guru bertanggungjawab untuk melakukan monitor terhadap aktvitas siswa selama menyelesaikan proyek. Monitoring dilakukan oleh guru sebagai mentor. Agar mempermudah proses monitoring dibuat sebuah rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang penting.

5 Melakukan penilaian (asses the outcome)

Penilaian dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing-masing siswa, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai siswa serta membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya 

6 Refleksi pengalaman yang didapat (evaluate the experience)

Pada akhir proses pembelajaran, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dilakukan. Pada tahap ini siswa diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamannya selama menyelesaikan proyek. Guru dan siswa mengembangkan diskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran, sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan baru (new inquiry) untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran 




1
151
Lemari Es, Menghambat Penurunan Kualitas Daging Ayam

Lemari Es, Menghambat Penurunan Kualitas Daging Ayam

defaultuser.png
Lis Apriliani
6 months ago

Apa yang Seharusnya dilakukan Saat Rasa Iri Datang?

defaultuser.png
Lis Apriliani
6 months ago
Bentuk Telur Mempengaruhi Pengemasan dan Transportasi Pemasaran Telur Unggas

Bentuk Telur Mempengaruhi Pengemasan dan Transportasi Pemasaran Telur...

defaultuser.png
Lis Apriliani
6 months ago
Memar pada Daging Ayam, Menurunkan Keuntungan Usaha

Memar pada Daging Ayam, Menurunkan Keuntungan Usaha

defaultuser.png
Lis Apriliani
6 months ago
Mengenal Perbedaan Warna Tampilan pada Daging Ayam

Mengenal Perbedaan Warna Tampilan pada Daging Ayam

defaultuser.png
Lis Apriliani
6 months ago