Siapa yang ga kenal dengan nama Newton, sang ilmuwan legendaris, penemu Hukum Mekanika dan sederet ilmu-ilmu lainnya. Pernahkan kamu mendengarnya? Pastinya. 

Selain terkenal dengan Philosophae Naturalis Principia Mathematica, sebuah buku yang menjelaskan tentang gravitasi dan hukum gerak, terdapat fakta yang Aneh tentang ilmuwan kita ini. Apa sajakah? 

1. Demi penelitian, Newton pernah nusuk matanya dengan jarum

Pada masa itu, tidak banyak yang tahu tentang hukum cahaya. Bahkan, orang-orang di masa itu tidak yakin apakah mata menciptakan atau menerima cahaya. Kurangnya referensi penelitian tentang optik, Newton akan bereksperimen dengan matanya sendiri karena menganggap mata nggak mampu membuat dan mengumpulkan cahaya. Demi ilmu pengetahuan, ia memerikasa matanya sendiri dengan jarum tumpul yang dikenal sebagai bodkin. “Saya mengambil bodkin dan meletakkannya di antara mata dan tulang tengkorak di dalam rongga mata sejauh mungkin saya bisa. Dan saya menekan mata saya dengan ujungnya untuk membuat lengkungan di mata saya yang memunculkan lingkarang-lingkaran hitam, putih dan warna lainnya.” Aneh Bukan, segitunya demi ilmu pengetahuan mengorbankan mata sendiri.

2. Newton menderita gangguan saraf

Ternyata, orang pinter pun, mungkin saja terganggu sarafnya karena kebnyakan berfikir..he..he..Profesor psikologi di Universitas Cambridge, Inggris, Simon Baron-Cohen meyakini bahwa Isaac Newton, penemu gaya gravitasi ini adalah seorang yang memiliki gangguan spektrum Asperger. Itu karena, ahli fisika ini sangat jarang berbicara dan tidak bergaul baik dengan temannya. Salah satu sikap yang menunjukkan sindromnya adalah ia tetap akan memberikan kuliah di ruang kosong walaupun tidak ada orang yang mendengarnya. Simon juga meyakini, bahwa Newton juga menderita depresi dan paranoia. Kondisi ini diperparah saat ia mengalami gangguan saraf pada usia 50 tahun. 

Pada tahun 1678, ia berselisih dalam penelitiannya dalam teori optik, ia diyakini memiliki gangguan saraf. Sedangkan tahun 1693, setelah masuk masa pensiun, Newton memiliki gangguan yang diduga akibat keracunan zat kimia serta depresi psikologi kronis.

3. Newton lahir prematur

Kamu nyangka ga, ternyata seorang ahli matematika dan astronomi berpengaruh di dunia, ternyata dulunya lahir prematur dengan berat hanya 1,5 kg. Datang dari keluarga petani, Newton juga terlahir secara prematur tiga bulan sebelum waktunya. Ketika lahir, badannya sangat kecil sehingga muat di dalam cangkir quart. Aneh gitu? Perasaan biasa-biasa aja sih…orang lahir permatur… tapi klo beratnya 1,5 kg….ya kecil banget ya… Tapi otaknya encer yaa..

4. Newton pernah kerja sebagai pelayan

Sewaktu kuliah di Universitas Cambridge, Ia juga bekerja sebagai pelayan. Istilah ini disebut “sizar”, yang dapat diartikan sebagai mahasiswa penerima bantuan beasiswa namun harus membayar ganti rugi dengan kerja sebagai pelayan. Pada kasus ini, Newton harus membereskan kamar mahasiswa lain. Aneh ga? Ga anehkan… gue juga pernah jadi pelayan waktu jadi mahasiswa… ga aneh ya…tapi faktanya sang legend hidupnya susah juga ya…

5. Newton adalah orang yang kesepian

Banyak spekulasi mengatakan Newton memiliki gangguan bipolar atau autisme. Entah benar atau tidak, yang jelas semasa hidupnya ia sangat kesepian. Hal ini terlihat dari kisah masa kecilnya dan masa tuanya

Sewaktu kecil, ia ditinggal oleh ibunya yang menikah lagi dan dirawat oleh kakek dan neneknya. Pengalaman itu membuat ia jadi orang yang menyendiri. Bahkan ia membuat daftar dosa, salah satunya adalah mengamcam ibu dan ayah tirinya. Ketika dewasa, ia ternggelam dalam pekerjaannya sampai akhir hayat. Newton terkenal akan temperamennya yang buruk. Dia juga terlibat konflik dengan beberapa orang.

6. Newton pernah bekerja sebagai pembuat mata uang di Inggris

Newton pernah bekerja di Royal Mint sebagai penanggung jawab produksi mata uang Inggris pada tahun 1696. Tiga tahun bekerja disana, ia naik pangkat dan terus bertahan sampai tahun 1727.

Selama menjabat, Newton mengawasi sirkulasi pergantian mata uang lama dengan yang baru dan lebih andal. Ia juga fokus pada penyelidikan pemalsuan uang, dan secara pribadi melacak para pencajat sampai ketemu. Para pemalsu yang tertangkap ini akhirnya digantung mati.

7. Tidak menikah

Newton meninggal pada 31 Maret 1727 di London, Inggris. Hingga akhir hayatnya, Newton tidak menikah. Bahkan Newton juga dipercaya tidak pernah berhubungan seksual sepanjang hidupnya. 

Ngeness banget ni sang legend… ilmunya emang mendongkrak atau bisa dikatakan pengusung revolusi industri pada saat itu …yang mengubah segalanya… tapi beberapa fakta aneh (ga aneh juga kale) diatas menunjukkan bahwa hidupnya sang legend..ngenes juga… 

Salam

%d bloggers like this: