Jika berbelanja ke pasar/supermarket, bisakah kalian membedakan daging sapi dengan daging ayam? Tentu bisa ya, kalau di supermarket tinggal lihat saja tulisannya, kalau di pasar tinggal tanya sama pedagangnya, he..he..

Daging sapi sangat jelas berbeda dari daging ayam. Daging sapi yang dijual sudah tidak ada tulangnya. Daging ayam biasanya masih ada yang dijual bentuk utuh. Jika sudah dipotong pun masih terlihat yang mana bagian sayapnya, lehernya, paha atau dada serta kulitnya. Daging ayam mempunyai tekstur lebih lunak dibanding daging sapi.

Pernahkah kalian memperhatikan warna daging dada ayam dan membandingkannya dengan daging sapi? Sama sama daging yang merupakan bahan pangan sumber protein tinggi, warnanya berbeda. Daging ayam cenderung berwarna putih, sedangkan daging sapi berwarna merah. Mengapa ya…?!

Ternyata, meski sama sama daging, daging ayam dan daging sapi memiliki komposisi bahan kimia yang berbeda. Daging sapi mempunyai kandungan protein myoglobin lebih banyak dari daging ayam. Hal inilah yang menyebabkan daging sapi warnanya berbeda dibanding daging ayam.

%d bloggers like this: