Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa kok setiap benda selalu jatuh ke bawah? Kenapa ga  ke atas atau ke samping kiri kanan? Aneh bukan?

smiley

Sebetulnya tidak terlalu aneh. 

Kamu mungkin pernah mendengar ketika di sekolah dasar atau sekolah menengah tentang gravitasi? Oooo…tentu pernah… Apa itu gravitasi?

Sejarah teori gravitasi

Menjawab mengapa benda jatuh tentu ada hubungannya dengan gravitasi, Lhoo…mengapa karena gravitasi? Seorang ilmuwan abad 17, tentu dong kamu pernah dengar namannya..? Tentu saja..Sir Isacc Newton.

Newton punya cerita menarik yaitu sebuah apel jatuh menimpa kepalanya, cerita itupun yang menjadi asal usul penemuan Hukum Gravitasi. Cerita tersebut nyaris tidak benar. Namun jauh saat sebelum itu, hukum gravitasi telah lama jadi bahan pemikirannya. Walaupun pada saat apel tersebut menimpa kepalanya ia mulai berpikir serta bertanya bahwa apakah gaya yang bekerja pada buah apel ini sama dengan gaya yang bekerja antara bulan serta bumi?

Gravitasi mula- mula pertama kali diperkenalakan pada tahun 1665, oleh Sir Isaac Newton, serta berargumen bahwa “Tiap massa menarik massa titik yang lain dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut serta berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

He..he..Pusing kan kalo denger teori formulasi atau rumus-rumus.Ga sah terlalu dihapal, intinya… terdapat gaya yang sebanding dengan massa massa dua benda tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak. Jadiii….kalo massanya besar ya..gayanya besar…dan kalo jaraknya diperbesar..ya..gayanya jadi kecil.

Bingung..Bentar Loading dulu yaa… Lihat gambar berikut..

Okeh ..dah kebayang kan. Ya iya lahh… kalo jaraknya semakin dekat..ya gaya yang terjadi semakin besar. 

Terus, hubungannya apa dengan benda yang selalu jatuh ke bawah? Non dan abang yang cantik dan ganteng…kita kan tinggal di salahsatu planet di tatasurya..ya kan..jadi gravitasi itu disebabkan gaya tarik menarik di antara benda-benda di tata surya itu…ada planet…matahari..asteroid dan benda-benda lainnya di tatasurya.

Okeh .. kesimpulannya ..gravitasi bumi adalah gaya tarik yang arahnya selalu mengarah ke pusat bumi. 

Jadi kalo kita menjatuhkan benda, selalu jatuh ke bawah..alias ke pusat Bumi. Nah ngerti kan? Gravitasi lah penyebab benda jatuhnya ke bawah.

Salam

%d bloggers like this: