Yang Aneh tentang Isacc Newton?

Yang Aneh tentang Isacc Newton?

Siapa yang ga kenal dengan nama Newton, sang ilmuwan legendaris, penemu Hukum Mekanika dan sederet ilmu-ilmu lainnya. Pernahkan kamu mendengarnya? Pastinya. 

Selain terkenal dengan Philosophae Naturalis Principia Mathematica, sebuah buku yang menjelaskan tentang gravitasi dan hukum gerak, terdapat fakta yang Aneh tentang ilmuwan kita ini. Apa sajakah? 

1. Demi penelitian, Newton pernah nusuk matanya dengan jarum

Pada masa itu, tidak banyak yang tahu tentang hukum cahaya. Bahkan, orang-orang di masa itu tidak yakin apakah mata menciptakan atau menerima cahaya. Kurangnya referensi penelitian tentang optik, Newton akan bereksperimen dengan matanya sendiri karena menganggap mata nggak mampu membuat dan mengumpulkan cahaya. Demi ilmu pengetahuan, ia memerikasa matanya sendiri dengan jarum tumpul yang dikenal sebagai bodkin. “Saya mengambil bodkin dan meletakkannya di antara mata dan tulang tengkorak di dalam rongga mata sejauh mungkin saya bisa. Dan saya menekan mata saya dengan ujungnya untuk membuat lengkungan di mata saya yang memunculkan lingkarang-lingkaran hitam, putih dan warna lainnya.” Aneh Bukan, segitunya demi ilmu pengetahuan mengorbankan mata sendiri.

2. Newton menderita gangguan saraf

Ternyata, orang pinter pun, mungkin saja terganggu sarafnya karena kebnyakan berfikir..he..he..Profesor psikologi di Universitas Cambridge, Inggris, Simon Baron-Cohen meyakini bahwa Isaac Newton, penemu gaya gravitasi ini adalah seorang yang memiliki gangguan spektrum Asperger. Itu karena, ahli fisika ini sangat jarang berbicara dan tidak bergaul baik dengan temannya. Salah satu sikap yang menunjukkan sindromnya adalah ia tetap akan memberikan kuliah di ruang kosong walaupun tidak ada orang yang mendengarnya. Simon juga meyakini, bahwa Newton juga menderita depresi dan paranoia. Kondisi ini diperparah saat ia mengalami gangguan saraf pada usia 50 tahun. 

Pada tahun 1678, ia berselisih dalam penelitiannya dalam teori optik, ia diyakini memiliki gangguan saraf. Sedangkan tahun 1693, setelah masuk masa pensiun, Newton memiliki gangguan yang diduga akibat keracunan zat kimia serta depresi psikologi kronis.

3. Newton lahir prematur

Kamu nyangka ga, ternyata seorang ahli matematika dan astronomi berpengaruh di dunia, ternyata dulunya lahir prematur dengan berat hanya 1,5 kg. Datang dari keluarga petani, Newton juga terlahir secara prematur tiga bulan sebelum waktunya. Ketika lahir, badannya sangat kecil sehingga muat di dalam cangkir quart. Aneh gitu? Perasaan biasa-biasa aja sih…orang lahir permatur… tapi klo beratnya 1,5 kg….ya kecil banget ya… Tapi otaknya encer yaa..

4. Newton pernah kerja sebagai pelayan

Sewaktu kuliah di Universitas Cambridge, Ia juga bekerja sebagai pelayan. Istilah ini disebut “sizar”, yang dapat diartikan sebagai mahasiswa penerima bantuan beasiswa namun harus membayar ganti rugi dengan kerja sebagai pelayan. Pada kasus ini, Newton harus membereskan kamar mahasiswa lain. Aneh ga? Ga anehkan… gue juga pernah jadi pelayan waktu jadi mahasiswa… ga aneh ya…tapi faktanya sang legend hidupnya susah juga ya…

5. Newton adalah orang yang kesepian

Banyak spekulasi mengatakan Newton memiliki gangguan bipolar atau autisme. Entah benar atau tidak, yang jelas semasa hidupnya ia sangat kesepian. Hal ini terlihat dari kisah masa kecilnya dan masa tuanya

Sewaktu kecil, ia ditinggal oleh ibunya yang menikah lagi dan dirawat oleh kakek dan neneknya. Pengalaman itu membuat ia jadi orang yang menyendiri. Bahkan ia membuat daftar dosa, salah satunya adalah mengamcam ibu dan ayah tirinya. Ketika dewasa, ia ternggelam dalam pekerjaannya sampai akhir hayat. Newton terkenal akan temperamennya yang buruk. Dia juga terlibat konflik dengan beberapa orang.

6. Newton pernah bekerja sebagai pembuat mata uang di Inggris

Newton pernah bekerja di Royal Mint sebagai penanggung jawab produksi mata uang Inggris pada tahun 1696. Tiga tahun bekerja disana, ia naik pangkat dan terus bertahan sampai tahun 1727.

Selama menjabat, Newton mengawasi sirkulasi pergantian mata uang lama dengan yang baru dan lebih andal. Ia juga fokus pada penyelidikan pemalsuan uang, dan secara pribadi melacak para pencajat sampai ketemu. Para pemalsu yang tertangkap ini akhirnya digantung mati.

7. Tidak menikah

Newton meninggal pada 31 Maret 1727 di London, Inggris. Hingga akhir hayatnya, Newton tidak menikah. Bahkan Newton juga dipercaya tidak pernah berhubungan seksual sepanjang hidupnya. 

Ngeness banget ni sang legend… ilmunya emang mendongkrak atau bisa dikatakan pengusung revolusi industri pada saat itu …yang mengubah segalanya… tapi beberapa fakta aneh (ga aneh juga kale) diatas menunjukkan bahwa hidupnya sang legend..ngenes juga… 

Salam

Mengapa Benda selalu jatuh ke Bawah?

Mengapa Benda selalu jatuh ke Bawah?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa kok setiap benda selalu jatuh ke bawah? Kenapa ga  ke atas atau ke samping kiri kanan? Aneh bukan?

smiley

Sebetulnya tidak terlalu aneh. 

Kamu mungkin pernah mendengar ketika di sekolah dasar atau sekolah menengah tentang gravitasi? Oooo…tentu pernah… Apa itu gravitasi?

Sejarah teori gravitasi

Menjawab mengapa benda jatuh tentu ada hubungannya dengan gravitasi, Lhoo…mengapa karena gravitasi? Seorang ilmuwan abad 17, tentu dong kamu pernah dengar namannya..? Tentu saja..Sir Isacc Newton.

Newton punya cerita menarik yaitu sebuah apel jatuh menimpa kepalanya, cerita itupun yang menjadi asal usul penemuan Hukum Gravitasi. Cerita tersebut nyaris tidak benar. Namun jauh saat sebelum itu, hukum gravitasi telah lama jadi bahan pemikirannya. Walaupun pada saat apel tersebut menimpa kepalanya ia mulai berpikir serta bertanya bahwa apakah gaya yang bekerja pada buah apel ini sama dengan gaya yang bekerja antara bulan serta bumi?

Gravitasi mula- mula pertama kali diperkenalakan pada tahun 1665, oleh Sir Isaac Newton, serta berargumen bahwa “Tiap massa menarik massa titik yang lain dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut serta berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

He..he..Pusing kan kalo denger teori formulasi atau rumus-rumus.Ga sah terlalu dihapal, intinya… terdapat gaya yang sebanding dengan massa massa dua benda tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak. Jadiii….kalo massanya besar ya..gayanya besar…dan kalo jaraknya diperbesar..ya..gayanya jadi kecil.

Bingung..Bentar Loading dulu yaa… Lihat gambar berikut..

Okeh ..dah kebayang kan. Ya iya lahh… kalo jaraknya semakin dekat..ya gaya yang terjadi semakin besar. 

Terus, hubungannya apa dengan benda yang selalu jatuh ke bawah? Non dan abang yang cantik dan ganteng…kita kan tinggal di salahsatu planet di tatasurya..ya kan..jadi gravitasi itu disebabkan gaya tarik menarik di antara benda-benda di tata surya itu…ada planet…matahari..asteroid dan benda-benda lainnya di tatasurya.

Okeh .. kesimpulannya ..gravitasi bumi adalah gaya tarik yang arahnya selalu mengarah ke pusat bumi. 

Jadi kalo kita menjatuhkan benda, selalu jatuh ke bawah..alias ke pusat Bumi. Nah ngerti kan? Gravitasi lah penyebab benda jatuhnya ke bawah.

Salam

Mengapa Telur Berbentuk Lonjong?

Mengapa Telur Berbentuk Lonjong?

Telur adalah bahan pangan yang mudah mengalami kerusakan fisik saat pengangkutan. Pengangkutan telur dari peternak menuju pembeli rentan mengalami retak bahkan pecah. Untuk menghindarinya, telur dikemas dalam kotak kayu yang didalamnya diberi sekam padi. Pengemasan telur membutuhkan ruang kotak yang cukup besar karena selain mudah pecah, telur mempunyai bentuk yang lonjong.

Mengapa telur berbentuk lonjong?

(more…)

Jenis media pembelajaran

Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. Dari yang palng sederhana dan murah hingga yang
canggih dan mahal. Ada yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada yang diproduksi pabrik. Ada yang sudah
tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan dan ada yang sengaja dirancang.
Berbagai sudut pandang untuk menggolongkan jenis-jenis media.
Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara, visual dan gerak):
1. Media audio
2. Media cetak
3. Media visual diam
4. Media visual gerak
5. Media audio semi gerak
6. Media visual semi gerak
7. Media audio visual diam
8. Media audio visual gerak
Anderson (1976) menggolongkan menjadi 10 media:
1. audio                                          : Kaset audio, siaran radio, CD, telepon
2. cetak                                          : buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
3. audio-cetak                                : kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
4. proyeksi visual diam                  : Overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
5. proyeksi audio visual diam         : film bingkai slide bersuara
6. visual gerak : film bisu
7. audio visual gerak                      : film gerak bersuara, Video/VCD, Televisi
8. obyek fisik : Benda nyata, model, spesimen
9. manusia dan lingkungan : guru, pustakawan, laboran
10. komputer                                    : CAI
Schramm (1985) menggolongkan media berdasarkan kompleksnya suara, yaitu: media kompleks (film, TV, Video/
VCD,) dan media sederhana (slide, audio, transparansi, teks). Selain itu menggolongkan media berdasarkan
jangkauannya, yaitu media masal (liputannya luas dan serentak / radio, televisi), media kelompok (liputannya seluas
ruangan / kaset audio, video, OHP, slide, dll), media individual (untuk perorangan / buku teks, telepon, CAI).
Henrich, dkk menggolongkan:
1. media yang tidak diproyeksikan
2. media yang diproyeksikan
3. media audio
4. media video
5. media berbasis komputer
6. multi media kit.
Pada artikel ini, media akan diklasifikasikan menjadi media visual, media audio, dan media audio-visual.
A. MEDIA VISUAL
1. Media yang tidak diproyeksikan
1. Media realia adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, tetapi siswa dapat
melihat langsung ke obyek. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada
siswa. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan
organ tanaman.
2. Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda
yang sesungguhnya. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. Misal
untuk mempelajari sistem gerak, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf pada
hewan.
3. Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual. Fungsi dari media
grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep
yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Jenis-jenis media grafis adalah:
1) gambar / foto: paling umum digunakan
2) sketsa: gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail. Dengan sketsa
dapat menarik perhatian siswa, menghindarkan verbalisme, dan memperjelas pesan.
3) diagram / skema: gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan
struktur dari obyek tertentu secara garis besar. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel
samapai organisme.
4) bagan / chart : menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. Selain itu
bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian. Dalam bagan sering dijumpai
bentuk grafis lain, seperti: gambar, diagram, kartun, atau lambang verbal.
5) grafik: gambar sederhana yang menggunakan garis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang
menggambarkan data kuantitatif. Misal untuk mempelajari pertumbuhan.
2. Media proyeksi
1. Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap
seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Perangkat media
transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead
projector / OHP). Teknik pembuatan media transparansi, yaitu:
– Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu
– Membuat sendiri secara manual
2. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci.
Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Manfaat film bingkai hampir
sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan
kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan
dibutuhkan proyektor slide.
B. MEDIA AUDIO
1. Radio
Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan
aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah
kehidupan dan sebagainya. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.
2. Kaset-audio
Yang dibahas disini khusus kaset audio yang sering digunakan di sekolah. Keuntungannya adalah merupakan
media yang ekonomis karena biaya pengadaan dan perawatan murah.
C. MEDIA AUDIO-VISUAL
1. Media video
Merupakan salah satu jenis media audio visual, selain film. Yang banyak dikembangkan untuk keperluan
pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.
2.  Media komputer
Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gerak, suara dan
gambar, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung
dengan internet dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber
belajar yang hampir tanpa batas.

edu-articles.com

Resensi Buku

Jika Orang Jawa Menjadi Teroris

Sumber: Kompas, 12 Juli 2011

Judul Buku: Orang Jawa Jadi Teroris

Peresensi: Ahmad Faozan

Penulis: M.Bambang Pranowo

Penerbit: Pustaka Alvabet dan Lakip Jakarta

Tahun: Februari 2011

Tebal: 300 halaman

Bagi sebagian masyarakat mempersepsikan orang Jawa adalah orang yang ramah, santun, religius, dan suka mengalah. Karakter orang Jawa, kemudian disimbolkan dalam perwayangan dengan Pandawa Lima. Yakni, Puntodewo, Werkudoro, Arjuna, Nakula, dan Sadewo. Puntodewo, Nakula, dan Sadewa di artikan sebagai tokoh yang lemah-lembut dan selalu mengalah.
Toko Buku Online

Baca selengkapnya …